EKSISTENSI INSTRUMEN EKONOMIK TERHADAP GOOD ENVIRONMENTAL GOVERNANCE

Authors

  • Joejoen Tjahjani Fakultas Hukum

DOI:

https://doi.org/10.30736/ji.v7i2.103

Abstract

Instrumen ekonomik merupakan salah satu instrumen hukum lingkungan yang pengaturannya lebih dipertegas dalam UUPPLH yaitu pada Bab V Paragraf 8 Pasal 42 dan Pasal 43. Sedangkan good environmental governance merupakan pengembangan dari good governance dalam konservasi lingkungan hidup. Penelitian ini mengupas bagaimana eksistensi instrumen ekonomik dalam mengimbangi proses tata kelola lingkungan hidup yang berprinsip inklusivitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas dan keadilan social yang membentuk dasar dari good governance sehingga tercapai good environmental governance yang dapat merefleksikan pemahaman terbaik dari struktur, fungsi, proses dan variabilitas yang terkait dan sesuai dengan system alam (ekosistem). Denganmetode penelitianyuridisnormative diperoleh hasilanalisa berdasarpada pendekatan perundang-undangan dan pendekatankonseptual. Ketentuan pengaturan instrumen ekonomik akhirnya tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2017 tentang Instrumen Ekonomi lingkungan hidup sesuai mandat  Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,  setelah  sebelumnya terdapat pada beberapa peraturan perundang-undangan.

KataKunci : Instrumen ekonomik,  good environmental governance

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTARPUSTAKA

A. Hamzah, DR., SH, Penegakan Hukum Lingkungan, Arikha Media Cipta, Jakarta.

A’an Efendi, SH, MH, Hukum Lingkungan : Instrumen Ekonomik dalam Pengelolaan Lingkungan di Indonesia dan Perbandingannya dengan Beberapa Negara, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2014.

Dinoroy Marganda Aritonang,SH,MH, Aspek Hukum Penyelenggaraan Administrasi Publik di Indonesia, PT. Refika Aditama, Bandung, 2019.

M. Chazienul Ulum, Rispa Ngindana, Environmental Governance : Isu, Kebijakan, dan Tata Kelola Lingkungan Hidup, UB Press, Malang, 2017.

Syahrul Machmud, DR., SH, Penegakan Hukum Lingkungan Indonesia, Graha Ilmu, Yogyakarta.

https://wri-indonesia.org › events › kuliah-umum-dan-diskusi-instrumen-e.

https://kumparan.com › agus-pambagio › pp-no-46-tahun-2017-untung-at..

Undang-Undang No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 No 140, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No 5059.

PlumX Metrics

Published

2019-09-03

How to Cite

Tjahjani, J. (2019). EKSISTENSI INSTRUMEN EKONOMIK TERHADAP GOOD ENVIRONMENTAL GOVERNANCE. Jurnal Independent, 7(2), 205–214. https://doi.org/10.30736/ji.v7i2.103

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>